Ayo Semangat di saat Bisnis lagi Lesu

Ketika Anda melihat ekonomi lagi sepi, lagi lesu, lagi banyak penganguran, dan banyak ruko kosong yang dikontrakkan, apa yang ada dalam pikiran Anda? Saya awal nya berpikir, memang begitu keadaan sekarang, ya sudah pasrah saja, memang ekonomi lagi lesu. Saya lihat toko emas kakak saya, sampai siang gak ada yang masuk k toko untuk belanja. Hmmmm, menambah kuat keyakinan saya bahwa ekonomi memang lagi lesu. Saya juga lihat banyak toko yang sudah lama exis pada tutup, banyak toko yang kosong, tidak ada yang mau kontrak.
Tapi dibalik itu, saya melihat ada bbrp toko yang baru berdiri di daerah Air Molek, InHU, Rengat. Oooo ya, seminggu lalu, saya ke daerah Air Molek, Rangat-Pakan Baru. Ada 3 toko yang menonjol dalam perhatian saya. Toko nya luas, ruangan nyaman, barang nya lengkap, barang dibandrol, yang melayani pakaian seragam, dll. Pokok nya serba maju dan menarik dibandingkan dengan toko baju konvensional yang lain nya. Kita juga tidak bisa menyalahkan pemain besar, seperti para pedagang dari Tanah Abang turun ke pelosok pelosok untuk membuka cabang. Saya sempat pesimis dengan toko busana muslim saya disana. Tapi saya berpikir, mungkin jaman sudah berubah, tinggal kita siap atau tidak menghadapi perubahan tersebut atau tidak. Apakah kita akan keluh kesah dengan keadaan seperti atau malah bangkit?
Para pedagan pasar di sekitar toko yang baru berdiri pada Demo, menuntut ke pemilik toko yang baru untuk mengubah sistem berjualan nya. Yang dituntut adalah “Tidak boleh pasang label Harga dan tidak boleh jual denga murah sekali”. Memang toko baru, cara berjualan nya sangat tidak masuk akal sekali. Tidak bisa diterima akal sehat, misal barang yang modal 400ribu, dijual 410ribu. Hanya ambil profit 10ribu. Untuk menutupi barang yang hilang saja sudah gak bisa. Untuk menutupi barang yang rusak saja satu susah, belum lagi untuk gaji karyawan nya, yang gaji pegawai nya diatas toko lain. Biasanya pedagan pasar akan tawarkan dengan harga 550ribu, nanti akan ada proses tawar menawar, nanti bisa deal di harga 500ribu.
Pedagang pasar pada mengeluh, karna pembeli tahu harga modal dan bisa membandingkan dengan toko yang baru. Apa yang bisa dilakukan dengan kondisi seperti ini? Apa yang bisa kita lakukan dengan semakin banyak pedagang baju baru dengan innovasi baru? Apa yang bisa kita lakukan dengan semakin menjamur nya pedagang baju di lingkungan kita?
Setelah para pedagang DEMO ke toko yang baru, tapi tetap saja perubahan thdp omset toko nya para pedagang tidak naik. Ternyata DEMO tidak memberikan solusi. Saya juga sempat pesimis dengan toko busana muslim www.bajupoeti.com, dimana omset nya masih 150jt per bulan, kisaran 5juta/hr. Saya sempat pasrah dengan kondisi ekonomi seperti ini. Tapi saya teringat dengan awal mula nya mobil. Dimana para kusir Bendi/Delman para protes ke pemerintah, karna dengan ada nya mobil akan menghilangkan mata pekerjaan nya, akan menurunkan penghasil kusir delman. Kemajuan zaman tidak dapat dibendung, mobil terus semakin banyak, dan para kusir delman semakin dipinggirkan dan bahkan hilang. Tapi kehidupan harus berlangsung, kusir delman harus melakukan perubahan, kalau tidak anak bini nya tidak bisa makan lagi dari uang yang halal.
Apa saja yang mesti kita lakukan untuk kondisi ini?
Alhamdulillah saya hari ini dapat inspirasi untuk menulis pengalaman, “AYO Semangat”….
Setelah kita berdoa, setelah kita mendekatkan diri kpd ALLAH SWT, saya lakukan perubahan dalam marketing dan layanan. …..nanti dibahas ya detil nya…
Ayo Semangat untuk berdoa, semangat untuk membuat rencana kerja, semangat untuk menjalankan rencana kerja, semangat untuk mencari inprovisasi baru dst….
Saya perhatikan adik saya yang jualan HP dan pulsa, toko nya rame sampai malam. Berarti kebuthan pulsa disaat ekonomi lagi lesu tidak menurun….jadi menambah semangat saya untuk bangkit….
Pada malam hari nya, saya diajak minum kopi di cafe sama adik yang berjualan emas. Ternyata disaat krisis ini, banyak cafe bermunculan. Saat minum kopi itu, adik saya bercerita, bahwa dia bisa dua kali seminggu menjual emas k tempat grosir. Walau untung jualan emas tipis sekali, tapi kalau terjual 1KG dalam seminggu, 10jt untung per minggu…..Ada saja yang beruntung disaat harga karet lagi turun, disaat panen sawit lagi anjlok.
Ingat bahwa keluh kesa tidak merubah keadaan, tapi kerja keras yang diredhai Allah yang akan membuahkan perubahan….
Semangat disaat lesu seperti ini tidak mudah, tapi kalau kita ingat tujuan kahir dari bisnis kita, maka akan menambah daya semangat kita.
Alhamdulillah hari ini, omset toko www.bajupoeti.com sudah diatas 20jt dalam sehari….Ini pertanda baik….Mungkin Allah mengabulkan Semangat Doa kita….

468 ad

1 Comment

  1. Luar biasa..inspirasi, baru saja selesai sholat isya sy sempat mengeluh pd Allah jualan mobil, agk turun iseng online dpt jawaban langsung dr Allah..trmksh pak afrizal

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>